**Disclosure: Penulis bekerja di Duniaku.net, salah satu media yang dibahas dalam artikel ini.

Bulan Maret ditandai dengan adanya perubahan besar dalam industri media, yakni masuknya modal ventura dalam industri media game Indonesia. Dua media, Duniaku.net dan RevivalTV.net, secara resmi mengumumkan pendanaan dari Discovery Nusantara Capital, sebuah modal ventura yang fokus di industri game Indonesia.

Sebagaimana yang akan dijelaskan di bagian berikutnya, daftar bulan ini fokus pada media yang didirikan di Indonesia. Karena itu, Tech in Asia yang bulan lalu ada di ranking kedua dikeluarkan dengan daftar dan menaikkan peringkat beberapa media satu tingkat. Situs yang dimasukkan juga harus berskala nasional, karena itu Radar Rempoa juga dikeluarkan dari daftar.

Secara umum, peringkat media game tidak banyak berubah. Kenaikan yang cukup tinggi dialami oleh Dunia Games dan RevivalTV.

Definisi Media Game?

Mendefinisikan media game tidak sederhana. Masing-masing media memiliki keunikan dan komposisi tersendiri dalam situsnya. Ada yang topiknya cenderung luas dan membahas topik di luar game (seperti Duniaku.net, Jurnalotaku.com) ada pula yang hanya fokus membahas satu game atau satu genre tertentu (seperti revivaltv.id dan hasagi.gg). Perbedaan definisi dan skup menentukan pula perbedaan peringkat.

Dalam ranking yang ini, media game didefinisikan sebagai:

  1. Media yang sepenuhnya membahas game, atau
  2. Media yang memasukan “Game” dalam top category di situsnya, yang kontennya berupa artikel, video, atau gambar.
  3. Media yang didirikan di Indonesia dan memiliki cakupan nasional

Daftar ini juga terbatas hanya pada media game yang peringkatnya sudah di-track oleh situs pemeringkat Alexa. Selain itu, situs yang masuk dalam daftar ini disyaratkan aktif, yaitu situs yang mengepos artikel setidaknya satu kali dalam satu minggu terakhir sebelum data ini dikumpulkan.

Seberapa Akurat Data Ini?

Karena dibuat berdasarkan perkiraan, data yang ditampilkan tentu tidak 100% akurat. Data ini diambil Alexa dengan metode sampling menggunakan tools proprietary mereka.

Meski tidak 100% akurat, data Alexa adalah salah satu data yang paling sering digunakan dalam benchmark industri, sehingga memiliki otoritas yang kuat untuk menentukan kualitas trafik sebuah situs.

Data Alexa di-update setiap hari. Pergerakan peringkat masing-masing situs juga bisa signifikan. Karenanya, data yang ditampilkan di bawah bersifat snapshot data peringkat Alexa dalam satu hari, tepatnya 8 April 2017.

Apakah Peringkat Ini Komprehensif?

Tidak. Alexa hanya menampilkan 500 situs besar di Indonesia. Nama-nama media game yang peringkatnya di atas 500 Alexa dibuat berdasarkan penelitian pribadi. Akibatnya, mungkin ada media game yang besar, namun tidak masuk dalam daftar ini.

Berdasarkan definisi di atas, berikut adalah 10 media game terbesar di Indonesia menurut Alexa rank-nya. Selain itu ditampilkan pula perkiraan pageviews serta data perkiraan masing-masing situs.

Rank
Sites Peringkat Alexa Indonesia 
Steady  1 (1) Duniaku.net 103
2 (3) Jurnalotaku.com 1,023
3 (4) Kotakgame.com 1,557
4 (7) Duniagames.co.id 1.656
Steady  5 (5) Jagatplay.com 1,694
Steady  6 (-) Gamebrott.com Steady  2.070
7 (9) Revivaltv.id 2.397
Steady  8 (8) Indogamers.com 3.146
 9 (6) Inigame.id 4.222
Steady  10 (10) Hasagi.gg  5.929
Steady  11 (11) Ligagame.com 8.261
Steady  12 (12) Gameqq.net 15.404
Steady  13 (13) Metaco.gg 23.513
14 (15) Klikgame.com 44.030
15 (16) Gamestation.id 44.623

Profil Masing-Masing Media?

1. Duniaku.net – 103 (112)

Duniaku.net adalah situs yang fokus pada tiga hal: Game, Geek culture, dan Gadget. Topiknya difokuskan pada topik populer. Banyak membahas mengenai animanga, Dota 2, dan gadget Android. Duniaku.net menyasar pada anak muda dan bertujuan mendorong fans menjadi aktor di industri kreatif lewat konten yang dipublikasikannya.

Pada Maret 2017, Duniaku.net mendapatkan pendanaan dari Discovery Nusantara Capital dan mengumumkan peluncuran situs-situs lain yang berada dalam ruang lingkup game, geek, dan gadget.

2. Jurnalotaku.com – 1.023 (1.037)

Jurnal Otaku Indonesia membahas budaya dan berita-berita yang berkaitan dengan Jepang, termasuk game. Khusus topik game, Jurnal Otaku juga membahas game non-Jepang, misalnya game Indonesia Valthirian Arc: Red Covenant.

Jurnal Otaku memiliki platform menulis My JOI yang menghasilkan 2-4 artikel dalam sebulan.

3. Kotakgame.com – ▼ 1.557 (1.520)

Kotakgame.com membahas game dari berbagai platform, termasuk PC, online game, Xbox, PS4, Switch, Wii U, VFita, 3DS, serta FB dan Web Game. Selain game, mereka juga membahas movie, khususnya yang masih terkait dengan game.

4. Duniagames.co.id – ▲ 1.656 (2.784)

Duniagames.co.id adalah situs milik perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Duniagames.co.id fokus membahas game, khususnya esport dan game mobile. Selain berita, situs ini juga menyediakan tempat untuk mengunduh aplikasi dengan menggunakan pulsa Telkomsel. Di bawah bendera Telkomsel, Duniagames.co.id juga banyak menyelenggarakan kompetisi games dan event-event komunitas.

Selama beberapa waktu, situs Dunia Games mengalami ketidakstabilan dan banyak downtime. Namun pada bulan Maret 2017, Dunia Games tampak mengalami perkembangan dan perbaikan kualitas dari sisi platform. Ini menyebabkan peringkat mereka melonjak naik.

Dunia Games tengah agresif mempromosikan event game Telkomsel, Indonesia Games Competition, yang didengungkan sebagai event game terbesar di Indonesia.

5. Jagatplay.com – ▼ 1.694 (1.586)

Jagatplay.com fokus membahas game pada platform tertentu, yaitu PC, Playstation, dan Nintendo. Selain itu, mereka juga membahas gaming gear. Jagatplay merupakan bagian dari keluarga besar Jagat Networks.

6. Gamebrott – 2.070

Gamebrott fokus membahas game dari berbagai platform, termasuk mobile, PC games, dan konsol (PS 3, PS 4, PS Vita, Wii U, Xbox One, Xbox 360) dalam bentuk berita, tutorial, dan review.

7. Revivaltv.id – ▲ 2.397 (4.362)

RevivalTV.id merupakan situs niche terbesar di daftar ini. RevivalTV fokus pada pemberitaan esport, baik melalui video atau pun artikel. RevivalTV juga dikenal karena fans-nya yang loyal, dengan kekuatan utama pada kemampuan melakukan live-streaming kompetisi Dota 2.

Pada bulan Maret 2017, RevivalTV mendapatkan pendanaan dari DNC dan mengubah tampilan situsnya. Kini mereka memiliki emotion button yang digunakan user untuk memberikan reaction ke artikel yang bersangkutan. RevivalTV juga bekerjasama dengan Dunia Games dalam penyelenggaraan Indonesia Games Championship.

8. Indogamers.com – ▼  3.146 (2.817)

Indogamers.com dikenal karena komunitasnya yang kuat dan loyal. Pada pertengahan tahun 2000-an, Indogamers menyediakan server sendiri untuk beberapa game populer, termasuk DoTA Allstar dan World of Warcraft.

 9. Inigame.id –▼ 4.222 (2.607)

Inigame.id fokus membahas game PC, Playstation, Xbox, Nintendo, serta platform mobile iOS dan Android. Fitur berbeda yang ditawarkan inigame adalah online store serta citizen journalism platform di mana pembaca bisa menulis dan mengirimkan berita.

Pada bulan Maret 2017, Inigame.id mengalami penurunan ranking yang cukup curam, setelah satu bulan sebelumnya meningkat drastis. Tidak diketahui alasan kenaikan dan penurunan yang nyaris vertikal ini.

10. Hasagi.gg – ▲ 5.929 (8.502)

Hasagi.gg adalah situs niche kedua terbesar setelah RevivalTV. Hasagi.gg fokus memberitakan League of Legends, salah satu game Multiplayer-Online Battle Arena paling pupuler di dunia.

11. Ligagame.com – ▲ 8.261 (10.048)

Ligagame.com bisa dibilang merupakan salah satu perintis media esport di Indonesia. Ligagame.com fokus memberitakan kompetisi-kompetisi esport baik dalam bentuk artikel, video, maupun live streaming. CEO dan Founder Ligagame.com, Eddy Lim, saat ini merupakan ketua asosisasi esport Indonesia, IESPA.

Mulai bulan Februari 2016, Liga Game aktif menyelenggarakan kompetisi Dota 2 bertema politik, yakni Ahok-Djarot Dota 2 Invitational.

12. GameQQ.net –▼ 15.404 (13.605)

GameQQ.net fokus pada pemberitaan game online dalam berbagai platform, termasuk PC dan Mobile. Selain itu, GameQQ juga aktif membahas event nasional, baik game atau pun event lain yang terkait dengan game, termasuk cosplay.

13. Metaco.gg – ▼ 23.513 (15.289)

Metaco.gg merupakan pendatang baru di media esport Indonesia. Metaco.gg fokus pada pembahasan detail dan mendalam mengenai esport, termasuk Dota 2 dan Counter Strike: Global Offensive.

Bersama Duniaku.net, Metaco.gg juga menyelenggarakan kompetisi Dota 2 khusus Startup, Digital Industry Dota 2 Tournament.

14. Klikgame.com – ▲ 44.030 (51.193)

Klikgame.com membahas berbagai macam game baik pada PC atau pun konsol. Selain itu, Klikgame.com juga membahas lifestyle dan movie yang terkait dengan game.

15. Gamestation.id –▲ 44.623 (56.566)

Gamestation.id dulu memiliki versi majalah yang dikenal baik khususnya oleh gamer di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Berbeda dengan situs game lain, menu pada situs gamestation.id tidak dibuat berdasarkan platform atau genre, melainkan format beritanya.